1.Apakah yang dimaksud algoritma dan perancangan algoritma?
2.Ada 2 cara yang dapat digunakan untuk menuliskan
algoritma. Sebutkan kedua cara tersebut dan jelaskan dengan benar!
3.Bagaimana cara memprogram robot? Jelaskan proses
algoritmanya!
4.Apa yang dimaksud dengan variabel dan tipe data? Jelaskan
dengan lengkap!
5.Bagaimana cara menggunakan variabel dalam sebuah program?
Jelaskan langkah algoritmanya!
6.Jelaskan tiga tipe data yang dapat digunakan di scratch!
7.Jelaskan perbedaan antara tipe data numerik dengan teks!
8.Tuliskan algoritma untuk menuliskan namamu menggunakan
RoboMind!
9.Jelaskan tujuan tipe data boolean digunakan!
10.Tuliskan kode program untuk menuliskan inisial namamu
menggunakan RoboMind.
1. Algoritma adalah kumpulan langkah-langkah instruksi yang
digunakan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan/persoalan.
Perancangan algoritma adalah proses pemecahan suatu masalah
yang mencakup sejumlah karakteristik, seperti menganalisa data secara logis dan
menciptakan solusi dengan menggunakan langkah-langkah yang diperintahkan.
2. Cara 1 adalah dengan menggunakan pseudocode.
yaitu Rangkaian instruksi yang menggambarkan langkah-langkah
untuk menyelesaikan permasalahan.
Cara 2 dengan menggunakan flowchart.
yaitu Diagram yang mewakili kumpulan dari
instruksi-instruksi yang ditampilkan menggunakan simbol standar yang
berbeda-beda.
3. Caranya adalah sebagai berikut :
Jalankan program RoboMind.
Untuk memilih map yang sesuai, dari menu file, klik perintah
Open Map. Kotak dialog akan ditampilkan.
Pilihlah Map yang sesuai, dalam hal ini OpenArea.
Pada program ini, beberapa huruf akan digunakan secara
berulang, seperti huruf A, M, dan R.
Tambahkan Forward(3), Left, Forward(8), Right.
Tambahkan huruf I, Paintwhite, Forward (2), dan
StopPainting.
Tambahkan Right, Forward(2), Left, dan Backward(2).
Tambahkan huruf A dan A ( )
Tambahkan program-program selanjutnya dengan huruf yang
ingin kamu tulis dengan aturan-aturan kode seperti tadi.
Untuk melihat apakah kode berjalan dengan baik, tampilkan
program tersebut.
Jika program sudah berjalan dengan baik, simpanlah pekerjaan
kamu.
4. Variabel adalah sesuatu yang digunakan untuk menyimpan
suatu nilai dan besar nilai tersebut dapat berubah-ubah, dapat berupa
teks/istilah, Yes/True, dan No/False.Tipe data adalah yang akan menentukan
nilai seperti apa yang dapat disimpan oleh suatu variabel.
5. Pembuatan variabel atau deklarasi variabel di C++ dapat
kita lakukan seperti ini:
string nama; int umur; char jenis_kelamin; Tipe datanya ditulis terlebih dahulu, lalu diikuti dengan nama variabelnya.Variabel-variabel di atas akan menyimpan nilai null (kosong), karena belum kita isi. Variabel juga dapat dibuat dengan mengisinya langsung.
6.
A. Tipe data Boolean
Penjelasan : Hanya digunakan untuk menyimpan nilai yang
berupa True/False.
B. Tipe data Numerik
Penjelasan : Hanya digunakan untuk menyimpan nilai yang
berupa bilangan/angka.
C. Tipe data Teks/String
Penjelasan : Hanya digunakan untuk menyimpan nilai yang
berupa teks.
7.
Tipe data Numerik
Penjelasan : Hanya digunakan untuk menyimpan nilai yang
berupa bilangan/angka.
Tipe data Teks/String
Penjelasan : Hanya digunakan untuk menyimpan nilai yang
berupa teks.
8.
Start
Move’posisi awal
Write A
Move’posisi awal
Write U
Move’posisi awal
Write R
Move’posisi awal
Write E
Move’posisi awal
Write L
9. Tipe data boolean banyak digunakan untuk percabangan kode program, atau untuk memutuskan apa yang mesti dijalankan ketika sebuah kondisi terjadi
10.
#character 'A'
paintWhite()
forward(2)
right()
forward(1)
right()
forward(2)
backward(1)
right()
forward(1)
stopPainting()
Tidak ada komentar:
Posting Komentar