Jumat, 18 September 2020

Tugas essay Algoritma

 

1.Apakah yang dimaksud algoritma dan perancangan algoritma?

2.Ada 2 cara yang dapat digunakan untuk menuliskan algoritma. Sebutkan kedua cara tersebut dan jelaskan dengan benar!

3.Bagaimana cara memprogram robot? Jelaskan proses algoritmanya!

4.Apa yang dimaksud dengan variabel dan tipe data? Jelaskan dengan lengkap!

5.Bagaimana cara menggunakan variabel dalam sebuah program? Jelaskan langkah algoritmanya!

6.Jelaskan tiga tipe data yang dapat digunakan di scratch!

7.Jelaskan perbedaan antara tipe data numerik dengan teks!

8.Tuliskan algoritma untuk menuliskan namamu menggunakan RoboMind!

9.Jelaskan tujuan tipe data boolean digunakan!

10.Tuliskan kode program untuk menuliskan inisial namamu menggunakan RoboMind.

Jawaban :

1. Algoritma adalah kumpulan langkah-langkah instruksi yang digunakan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan/persoalan.

Perancangan algoritma adalah proses pemecahan suatu masalah yang mencakup sejumlah karakteristik, seperti menganalisa data secara logis dan menciptakan solusi dengan menggunakan langkah-langkah yang diperintahkan.

2. Cara 1 adalah dengan menggunakan pseudocode.

yaitu Rangkaian instruksi yang menggambarkan langkah-langkah untuk menyelesaikan permasalahan.

Cara 2 dengan menggunakan flowchart.

yaitu Diagram yang mewakili kumpulan dari instruksi-instruksi yang ditampilkan menggunakan simbol standar yang berbeda-beda.

3. Caranya adalah sebagai berikut :

Jalankan program RoboMind.

Untuk memilih map yang sesuai, dari menu file, klik perintah Open Map. Kotak dialog akan ditampilkan.

Pilihlah Map yang sesuai, dalam hal ini OpenArea.

Pada program ini, beberapa huruf akan digunakan secara berulang, seperti huruf A, M, dan R.

Tambahkan Forward(3), Left, Forward(8), Right.

Tambahkan huruf I, Paintwhite, Forward (2), dan StopPainting.

Tambahkan Right, Forward(2), Left, dan Backward(2).

Tambahkan huruf A dan A ( )

Tambahkan program-program selanjutnya dengan huruf yang ingin kamu tulis dengan aturan-aturan kode seperti tadi.

Untuk melihat apakah kode berjalan dengan baik, tampilkan program tersebut.

Jika program sudah berjalan dengan baik, simpanlah pekerjaan kamu.

4. Variabel adalah sesuatu yang digunakan untuk menyimpan suatu nilai dan besar nilai tersebut dapat berubah-ubah, dapat berupa teks/istilah, Yes/True, dan No/False.Tipe data adalah yang akan menentukan nilai seperti apa yang dapat disimpan oleh suatu variabel.

5. Pembuatan variabel atau deklarasi variabel di C++ dapat kita lakukan seperti ini:

string nama; int umur; char jenis_kelamin; Tipe datanya ditulis terlebih dahulu, lalu diikuti dengan nama variabelnya.Variabel-variabel di atas akan menyimpan nilai null (kosong), karena belum kita isi. Variabel juga dapat dibuat dengan mengisinya langsung.

6.        

A. Tipe data Boolean

Penjelasan : Hanya digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa True/False.

B. Tipe data Numerik

Penjelasan : Hanya digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa bilangan/angka.

C. Tipe data Teks/String

Penjelasan : Hanya digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa teks.

7.

 Tipe data Numerik

Penjelasan : Hanya digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa bilangan/angka.

Tipe data Teks/String

Penjelasan : Hanya digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa teks.

8. 

Start

Move’posisi awal

Write A

Move’posisi awal

Write U

Move’posisi awal

Write R

Move’posisi awal

Write E

Move’posisi awal

Write L

 

9Tipe data boolean banyak digunakan untuk percabangan kode program, atau untuk memutuskan apa yang mesti dijalankan ketika sebuah kondisi terjadi

10. 

#character 'A'

paintWhite()

 

 

forward(2)

right()

forward(1)

right()

forward(2)

backward(1)

right()

forward(1)

 

 

stopPainting()

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Liburan Ramadhan di Era Pandemi

 Assalamua'laikum wr.wb. Halo semua! nama saya amanda puti aurelia dari kelas 8g absen 4. saya igin menceritakan pengalaman libur lebara...